Salam cinta papua dan jangan lupa untuk update info-cerpen di blog ini
INFO-CERPEN: FAK FAK KOTA PALA

Sabtu, 11 Desember 2010

FAK FAK KOTA PALA

Diposkan oleh Chados-sangkek

Fak-fak kota kelahiran yang ku sayangi….,awal orang tuaku datang dari distrik aitinyo.kabupaten sorong selatan,untuk bersekolah dikota Fak fak ,kota yang sering dikenal..’…KOTA PALA…’.Demi masa depan dan cita-cita ayah..meninggalkan aitinyo untuk mendapatkan setitik ilmu… Akhirnya ayah bertekat meninggalkan..sanak sodara yang ada di aitinyo…dengan bermodal perahu takbot ayah tiba di sorong dan melanjutkan perjalan ke Fak-fak,untuk mendaftarkan diri di ‘SPG’(sekolah guru agama) selama 3 tahun ayah bersekolah hingga akhirnya,ayah mennyelesaikan pendidikan di SPG.

Namun yang membuat diriku bangga mempunyai ayah….IA bersekolah…dengan keringatnya sendiri…tanpa berharap kirimman dari keluarganya yang ada di aitinyo. Maklum pada waktu itu juga trasportasi tidak lancer,seperti saat ini.
Pada tahun 1982 ada penerimaan pegawai negri di kabupaten Fak-fak,ayah mendaftarkan dirinya. Setelah menggikuti proses penerimaan pegawai negeri,ayah di terima menjadi seorang guru agama di kabupaten Fak-fak. Karna ayah seorang guru agama,ia di tugaskan di kampung Pik-pik distrik kokas.

Waktu itu trasportasi belum sampai di kampung Pik-pik. hanya di jangkau dengan berjalan kaki melewati gunung,lembah,dan,hutan belantara. Ayah tiba di kampung Pik-pik. Dan bertugas selama 22 tahun lamanya.

Kami semua di besarkan di kampung pik-pik. Selama ayah bertugas di kampung pik-pik. kami merasa bahagia bisa hidup bersama basodara yang ada di kampung. Walaupun mereka tau bahwa kita bukan keluarga dekat dari mereka. Tapi ini bukan menjadi penghalang bagi mereka untuk membantu dan melindungi kami sekeluarga yang hidup bersama mereka.

Ketika ayah masih mengajar di kampung Pik-pik,kami sekeluarga di berikan tanah untuk berkebun di tempat yang sudah di sediakan. Sebab waktu itu mau dapat jatah beras per bulan juga,harus tunggu sampai,di kirim dari kabupaten ke distrik,baru kami bisa mendapatkan jatah beras itu. Di kampung Pik-pik ayah sering berburu di hutan dan melakukan aktifitas lain.

Akhirnya pada tahun 2006, Ayah di minta pindahkan tugas dari kampung Pik-pik ke kota Fak-fak. Karna pada waktu itu SMP hanya ada di kota dan kami semua sudah tamat SD dan melanjutkan sekolah SMP di kota Fak-fak. Sehingga Ayah di pingdahkan ke SD YPK Fak-fak.hingga sekarang ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

KAWAN TINGGALKAN PESAN DI SINI

KAWAN TINGGALKAN PESAN DI SINI
ShoutMix chat widget

KUNJUNGI ALAMAT INI


alamat YM absan

yang di cari


sayang dia banyak2

HARI & TANGGAL

s3l4m4t d4t4nG k4w4n di BloG 4b54n